Genshin Impact : Bingung Build Zhongli Tank atau DPS? Cek disini !!! - BestCardGamesTutorial
build-zhongli-genshin-impact-1a_cd107abb-0661-4f23-824c-520cab5da120

Zhongli merupakan karakter bintang lima (B5) dari Genshin Impact yang menggunakan senjata Polearm. Karakter ini adalah Archon Geo yang hidup selama ribuan tahun di Liyue. 

Di dalam game, Zhongli dikenal dengan Burst Damage yang tinggi. Tidak hanya itu, dia juga merupakan karakter dengan jumlah HP yang besar karena skill yang dimilikinya akan semakin kuat jika HP yang dimiliki berjumlah banyak.

Pada update 1.3 lalu, Zhongli mendapat buff “gila” yang meningkatkan kemampuannya. Hasilnya, dia pun masuk ke peringkat atas dari tier list karakter. Setelah mendapatkan buff, Zhongli menjadi karakter paling laris dibandingkan karakter-karakter lainnya.

Karena kemampuannya yang sangat kuat dan serbabisa inilah, masih banyak pemilik Zhongli yang bingung dengan build seperti apa yang cocok dengannya. Untuk itulah, KINCIR bakal bahas build Zhongli terbaik di 2021.

Tips dan Build Zhongli Genshin Impact Terbaik 2021

1. Tips Build Zhongli: Tank atau DPS?

Sama seperti Raiden Shogun sebagai sesama Dewa di Tevyat, Zhongli diberkahi dengan kekuatan dahsyat dari segala sisi. Dia punya damage yang sangat besar dari Elemental Burst – Planet Befall.

Di sisi lain, Zhongli juga punya pertahanan yang sangat baik berkat Elemental Skill – Dominus Lapidis. Skill ini memberikan perisai yang kekuatannya scaling dengan HP.

Enggak heran, keserbabisaannya tersebut banyak bikin pemain Genshin Impact bingung dengan build tipe apa yang cocok untuknya. Namun, untuk saat ini, Zhongli lebih sering diandalkan sebagai build Tank atau Support.

Pada build Tank, Zhongli akan fokus pada peningkatan HP. Tujuan utamanya adalah memperkuat ketahanan shield pada Elemental Skill agar segala jenis damage dari musuh tidak terasa. Selama ada shield Zhongli, kalian tidak perlu heal dari makanan atau karakter lain.

Selain itu, hal yang bikin build Zhongli Tank/Support jadi meta terbaik saat ini adalah efek pengurangan RES musuh, baik Elemental maupun Physical. Efek ini bisa digunakan selama shield dari Elemental Skill aktif.

Build Zhongli DPS sebenarnya tidak jelek juga. Sebab, Zhongli bisa menghasilkan Burst DMG dari Elemental Burst serta damage-over-time (DoT) dari Elemental Skill.

Dia biasanya dijadikan Sub DPS alias switch damage dealer. Sebab, damage dari Normal Attack-nya tidak begitu besar ketimbang karatker Polearm lain seperti Xiao atau bahkan Raiden Shogun.

Untuk build Zhongli Tank, kalian harus fokus pada Talent Elemental Skill agar kekuatan shield makin besar. Sementara itu, Talent Elemental Burst menjadi fokus jika kalian build dia sebagai DPS.

2. Senjata dan Artefak Terbaik

Build Zhongli Terbaik.
Build Zhongli Terbaik. Via Istimewa

Seperti karakter Genshin Impact lain, Zhongli merupakan karakter yang sangat bergantung pada build yang tepat, baik itu dari sisi senjata maupun artefak, khususnya pada build Tank/Support. Sebab, dia butuh scaling semaksimal mungkin dari segi HP%.

Nah, sekarang mari kita bahas senjata dan artefak terbaik untuk build Zhongli.

Senjata Terbaik

Black Tassel, senjata terbaik untuk Build Zhongli Tank.
Black Tassel, senjata terbaik untuk Build Zhongli Tank. Via Tangkapan Layar
  1. Black Tassel (B3): Senjata wajib dan satu-satunya opsi untuk build Zhongli Tank. Hiraukan saja efek pasifnya yang tidak berguna. Sebab yang kalian kejar dari senjata ini hanyalah peningkatan HP% dari substats-nya.
  2. Staff of Homa (B5): Senjata wajib untuk build Zhongli DPS. Sebab, senjata ini punya substats CRIT DMG% yang sangat besar, serta efek pasif berupa penambahan HP% serta peningkatan ATK berdasarkan jumlah HP.
  3. Vortex Vanquisher (B5): Senjata signature Zhongli ini bisa jadi alternatif untuk build DPS. Selain mendapat peningkatan ATK% yang besar, Polearm ini juga bisa meningkatkan kekuatan shield.
  4. Skyward Spine (B5): Senjata ini bisa dipilih jika kalian mau coba-coba build hybrid antara DPS dan Tank. Yang dikejar dari senjata ini adalah efek Energy Recharge (ER) yang membuat kalian bisa spam Ulti sesering mungkin.
  5. The Catch (B4): Senjata baru yang gratis ini bisa jadi opsi terbaik untuk kalian para F2P yang mau build Zhongli DPS. Sebab, senjata ini meningkatkan Energy Recharge serta damage dan CRIT Rate Elemental Burst. 

Artefak Terbaik

Via Tangkapan Layar
Build Tank
  1. 4-set Tenacity of Milelith (HP%/HP%/HP%): 
    Artefak terbaik untuk build Zhongli Tank karena efek peningkatan HP%. 4-set artefak ini juga bisa meningkatkan ATK untuk rekan setim.
  2. 2-set Tenacity of Milelith & 2-set Retracing Bolide (HP%/HP%/HP%): 
    Kalau kalian sulit mendapat artefak Tenacity of Milelith yang ideal, kalian bisa gunakan opsi ini karena 2-set Retracing Bolide meningkatkan kekuatan shield hingga 35%.
Build DPS
  1. 4-set Noblesse Oblige (ATK%/Geo DMG%/CRIT%): 
    Selain bisa meningkatkan Elemental Burts DMG, 4-set Noblesse Oblige juga bisa boost ATK rekan setim hingga 20% selama 12 detik. Cocok banget dengan playstyle tipe switch!
  2. 2-set Noblesse Oblige & 2-set Archaic Petra (ATK%/Geo DMG%/CRIT%): 
    Opsi ini dipilih jika kalian belum dapat 4-set Noblesse Oblige yang ideal. Pasalnya, 2-set Archaic Petra meningkatkan Geo DMG.
  3. 4-set Emblem of Severed Fate (ATK%/Geo DMG%/CRIT%): 
    Kalau kalian suka eksperimen, opsi ini bisa jadi solusi jika senjata yang kalian gunakan meningkatkan ER% seperti Skyward Spine atau The Catch. Pasalnya, 4-set Emblem of Severed Fate meningkatkan ER% sekaligus Elemental Burst DMG sesuai raihan ER.

3. Rekomendasi Party

"I believe in Geo Supremacy".
“I believe in Geo Supremacy”.

Ada alasan khusus Zhongli begitu diminati, khususnya untuk build Tank. Alasannya sederhana: dia bisa masuk ke segala komposisi party karena kemampuannya cocok untuk semua karakter.

Yap, tidak ada restriksi khusus untuk memaksimalkan kemampuan Zhongli. Justru sebaliknya, Zhongli lah yang bikin kemampuan karakter lain jadi lebih kuat. Khususnya dengan karakter Geo lain karena efek Elemental Resonance-nya.

Untuk memaksimalkan Geo Resonance, kalian bisa memilih Ningguang sebagai DPS atau Albedo sebagai Sub DPS.

Kalau kalian cukup “berani” komposisi party “Geo Supremacy” alias empat karakter Geo dalam satu party bisa jadi opsi yang fun. Elemental Shield dari musuh-musuh seperti Abyss Mage atau Fatui pun bisa ditembus dengan mudah!

Kalian juga bisa gunakan komposisi dua Pyro dan dua Geo untuk meningkatkan ATK lebih besar lagi. Opsi terbaiknya adalah Hu Tao, Bennett, Albedo, dan Zhongli.

4. Kelebihan Zhongli

Build Zhongli.
Build Zhongli.

Sama seperti Raiden Shogun, Zhongli punya kekuatan yang lebih istimewa dibanding beberapa karakter B5 lain karena statusnya sebagai Archon. Berikut segala kelebihan yang dimiliki sang Dewa Bumi:

  1. Sangat tanky, bahkan tanpa build Tank sekalipun
  2. Damage Elemental Burst terbilang besar tanpa adanya reaksi elemen
  3. Elemental Burst punya cost yang rendah (40 Energy)
  4. Elemental Burst punya area besar dan bisa stun musuh
  5. Fleksibel dan cocok dengan semua karakter
  6. Elemental Skill bisa mengurangi RES musuh
  7. Sangat ramah untuk F2P, khususnya build Tank
  8. Elemental Skill Bisa menyerap shield Geo musuh

5. Kekurangan Zhongli

Meski tampil sebagai Archon, Zhongli sebenarnya punya beberapa kelemahan. Bahkan, kelemahannya tersebut sempat membuat komunitas Genshin Impact marah hingga miHoYo sebagai developer mau tak mau memberinya buff pada update v1.3. Berikut kelemahannya:

  1. Normal ATK DMG tidak bisa diandalkan
  2. Regenerasi Elemental Particle yang rendah
  3. Shield bikin “ketergantungan”

***

Itulah tips build Zhongli yang wajib kalian ketahui. Sebagai karakter B5 dan Archon, dia sangatlah kuat, dan bahkan patut disebut sebagai support terkuat di Genshin Impact. Beruntung kalau kalian yang udah punya karakter ini. Asal di-build dengan baik, Zhongli dijamin enggak bisa lepas dari party!