Cara Belajar Membaca Kartu Tarot dengan Mudah - BestCardGamesTutorial
kartu tarot

Cara belajar membaca kartu tarot menarik untuk dicermati. Kartu tarot adalah kartu yang biasanya digunakan untuk kepentingan spiritual atau ramalan nasib. 

Permainan kartu ini masih populer dan banyak penggemarnya, khususnya para Mistisisme dan Okultisme. Banyak yang percaya jika kartu tarot dapat digunakan untuk meramal ataupun sebagai jalur “spiritual”. 

Setiap kartu terdapat gambar “Simbol” berbeda-beda yang memberikan arti untuk sebuah ramalan. Namun demikian, hasil ramalan kartu tarot tidak perlu terlalu dipercaya karena semua telah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa melalui usaha, kerja keras, dan doa.

Mengenal kartu tarot

Cara belajar membaca karto tarot pertamu adalah dengan mengenali kartu tarot itu sendiri. Kartu Tarot terdiri dari 78 kartu, di mana masing-masing kartu memiliki visual dengan simbol dan ceritanya masing-masing. 78 kartu dalam satu set kartu tarot dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu arcana mayor yang terdiri dari 22 kartu dan arcana minor yang terdiri dari 56 kartu. 

Kelompok kartu Arcana minor dibagi lagi dalam empat kelompok, yaitu sword (pedang), cup (cawan), wands (tongkat) dan pentacle (bintang), yang masing-masing terdiri dari 14 kartu. Terdapat banyak pilihan kartu tarot seperti the rider-waite deck, the tarot de marseille deck, the motherpeace deck, the black power deck dan lain-lain.

Banyak pembaca tarot yang percaya jika jenis kartu tarot pertama harus berbentuk kado yang dihadiahkan kepada Anda. Namun, untuk pemula disarankan memilih kartu tarot jenis Rider-Waite. Kartu ini termasuk kartu yang paling klasik dan menjadi acuan berbagai jenis kartu tarot setelahnya. 
Dalam satu set kartu tarot, biasanya dilengkapi dengan buku kecil yang memuat penjelasan makna untuk setiap kartu, yang bisa dibaca setiap saat pun saat melakukan pembacaan kartu.

Kartu normal dan kartu posisi terbalik memiliki makna berbeda. Untuk tahap awal sebaiknya semua kartu dalam posisi tegak normal. Setelah berpengalaman dengan pembacaan kartu normal, baru kemudian mulai mencoba acak kartu agar memiliki kemungkinan muncul kartu terbalik.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/10/2021), berikut sekilas tentang cara belajar membaca kartu tarot:

Langkah-langkah membaca kartu tarot

Mulailah belajar mengocok kartu, memotong dan memilih kartu. Setelah itu, ikuti langkah di bawah ini untuk memulai pembacaan kartu tarot pertama Anda dengan satu kartu.

1. Temukan premis atau pertanyaan yang akan dijawab dengan menggunakan kartu tarot. Formula pertanyaan yang disarankan adalah “Bagaimana cara (sesuatu yang anda inginkan)” Misalnya: “Bagaimana agar hari ini waktu saya efektif”, atau “Bagaimana cara agar hari ini saya lebih percaya diri?”.

2. Kocok kartu sebanyak yang Anda inginkan. Letakkan di atas meja, potong menjadi tiga bagian dan tumpuk kembali dari potongan terbawah.

3. Ambil satu kartu dari posisi manapun dan buka.

4. Perhatikan kartunya dengan seksama. Ambil korelasi visual kartu dengan pertanyaan yang telah anda tentukan.

5. Buka buku panduan kartu dan korelasikan intuisi anda dengan pemaknaan yang ditulis dalam buku panduan kartu. Kemudian buat kesimpulan sederhana berdasarkan pandangan bijaksana dari diri Anda sendiri.

6. Lakukan teknik ini setiap hari, paling tidak satu kali dalam sehari. Jika ingin melakukan berkali-kali, pilihlah waktu yang tepat dan lakukan paling tidak dalam rentang dua jam sekali. 
Jangan melakukan pembacaan secara beruntun dan berulang-ulang, terutama untuk satu pertanyaan yang sama, karena akan mengacaukan intuisi Anda sendiri.