Tutorial Cara bermain capsa banting - BestCardGamesTutorial
capsa banting

Capsa Banting adalah permainan yang menggunakan 13 kartu dan biasa di mainkan oleh 4 orang Pemain yang berhak untuk jalan pertama kali adalah pemain yang memiliki kartu terkecil yaitu kartu 3. Untuk kartu ini harus dikeluarkan diawal permainan, boleh satu maupun kombinasi dan permainan akan berjalan searah jarum jam.

Permainannya pun bisa di bilang cukup mudah jika pemain mengeluarkan kartu satuan, maka pemain berikutnya juga harus melawan kartu dengan satuan yang lebih tinggi. Contohnya 3 di lawan dengan A. Untuk kartu satuan harus dilawan dengan kartu satuan juga. Untuk Kartu Pair harus dilawan dengan Kartu Pair. Kartu Three of a kind harus di lawan dengan kartu Three of a Kind. Dan jika ada kombinasi 5 kartu harus juga dilawan dengan kombinasi 5 kartu. Bila pemain tidak mempunyai kartu yang bisa melawannya, atau tidak ingin mengeluarkan kartu bisa melakukan “Pass” atau “lewati”. Setelah melewati, maka pemain tersebut tidak boleh mengeluarkan kartu lagi sampai ada kartu lawan baru yang dikeluarkan lagi.

Lalu jika ada seorang pemain yang terus berhasil mengeluarkan kombinasi kartu dan tidak ada pemain yang bisa melawannya, maka pemain tersebut berhak untuk mengeluarkan kartu kombinasi baru lagi. Tujuan dari permainan Capsa Banting ini ialah menghabiskan semua kartu yang ada di tangan.

Berikut adalah susunan kartu pada permainan Capsa Banting :

High Card
-> High Card adalah kartu yang dikeluarkan sendirian tanpa kartu lain, misalnya mengeluarkan 3, atau J.

Pair
-> Pair adalah kartu dikeluarkan dengan berpasangan, syarat mengeluarkan pair adalah kedua kartu harus memiliki angka yang sama. Misalnya 8 & 8. Pair yang paling rendah adalah Pair 3, sedangkan pair yang paling tinggi adalah Pair 2. Jika pairnya sama, maka pair yang memiliki lambang paling tinggi yang menang.

Three of a Kind
-> Threes of a Kind atau yang biasa di sebut three’s adalah kartu dikeluarkan tiga sekaligus dan sama angkanya. Syaratnya adalah ketiga kartu harus memiliki angka yang sama, misalnya 7, 7, 7. Three’s yang paling rendah adalah three’s 3, dan threes yang paling tinggi adalah three’s 2.

Straight
-> Straight atau yang biasa di sebut Seri(berururtan) merupakan kombinasi kartu dengan angka yang berurutan, misalnya 4–5–6–7–8, atau 10-J-Q-K-A. Untuk menentukan straight mana yang lebih tinggi biasanya yang dipilih adalah kartu terakhir di dalam straight tersebut. Misalnya 3–4–5–6–7 lebih rendah daripada 9–10-J-Q-K. Karena kartu terakhir dari straight 3–4–5–6–7 adalah 7, sedangkan kartu terakhir straight 9–10-J-Q-K adalah K.
Jika Kombinasi urutan angka sama, maka untuk menentukan straight yang menang dengan melihat corak pada kartu terakhir, contoh : 7?-8?-9?-10?-J? dengan 7?-8?-9?-10?-J?, maka Straight yang menang adalah 7?-8?-9?-10?-J? karena kartu terakhir Straight adalah J sekop (?)

Flush
-> Flush merupakan kombinasi kartu dengan corak yang sama, nama flush ditentukan dari coraknya contoh : Flush Sekop, Flush Wajik, Flush Love, Flush Keriting . Flush yang memiliki angka tertinggi akan menang. Dan jika angka tertingginya sama, baru dilihat dari coraknya.
Misalnya 7?-A?-9?-K?-3? lebih tinggi dari 2?-4?-J?-9?-5?.
Jika terdapat kombinasi corak yang sama maka akan dibandingkan dari angka kartu terakhir(tertinggi) dimana kartu ber-angka 2 adalah kartu paling tinggi.

Full House
-> Full house atau POLO, merupakan kombinasi kartu antara Pair dan Three of a kind. Kombinasi Fullhouse ditentukan dari Three of a kind. Misalnya Fullhouse As adalah 2–2-A-A-A. Untuk menentukan Fullhouse mana yang lebih tinggi dilihat dari Three of a Kindnya. Misalnya kombinasi threes 2 & pair 5 akan menang melawan threes King & pair Ace. Walaupun pair Ace lebih tinggi dari pair 5.

Four of a Kind
-> Four of a Kind biasa juga disebut PITING, merupakan kombinasi empat kartu yang berangka sama dengan dilengkapi dengan 1 high card. Di dalam kombinasi ini yang berperan penting adalah 4 kartu yang mempunyai angka yang sama, sedangkan 1 kartu berikutnya hanyalah sebagai pelengkap saja.
Apabila Kombinasi Four of a Kind melawan kombinasi Four of a Kind, maka yang dibandingkan adalah angka tertinggi yang terdapat pada 4 kartu.
Kombinasi Four of a Kind ini memiliki efek “BOMB” yang dapat digunakan untuk melawan Satuan kartu 2, sehingga pemain yang mengeluarkan kartu 4 of a Kind (Piting) secara otomatis akan memenangkan permainan, sedangkan pemain yang dibomb (yang memiliki kartu 2) kalah.

Straight Flush
-> Merupakan kombinasi 5 kartu berurutan dan memiliki lambang yang sama. Misalnya 6?-7?-8?-9?-10?. Untuk menentukan mana seri Corak yang lebih tinggi lihat dulu dari angkanya, baru kemudian lihat coraknya.

Royal Flush
-> Royal Flush adalah kombinasi kartu yang paling sulit untuk didapatkan, untuk mendapatkan Royal Flush anda harus memiliki kombinasi 5 kartu poker yang jenisnya sama berurutan nilainya serta mempunyai nilai tertinggi. Royal Flush ini merupakan Straight Flush dengan nilai tertinggi, yaitu kartu Hati, dan nilainya 10?-J?-Q?-K?-A?.

Leave a Reply

Your email address will not be published.