ceki

Nongkrong adalah kegiatan yang paling mengasyikan, mau itu sendiri (boker) maupun rame-rame. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari nongkrong, bisa ide brilian, pengetahuan, dan tentunya teman. Tapi gak semua nongkrong bisa menghasilkan hal baik sih. Makanya sangat disarankan adanya sebuah aktifitas positif dalam sebuah tongkrongan, misalnya kayak bikin permainan.

Jenis Permainan dengan kartu Remi – kenapa di sebutnya kartu remi tp menurut agan W.H.

Wilkinson, seorang antropolog amerika, kartu remi ditemukan oleh Bangsa China. Berdasarkan buku Science and Civilization in China karya Joseph Needham, kartu remi ditemukan pada awal abad ke-9 pada masa Dinasti Tang. tp disini ane cuma mau share permainan permainan dengan menggunakan kartu remi. berikut seputar poker

Nah, untuk seri pertama dari seri mainan tongkrongan, MBDC mau mengupas tuntas soal Capsa. Yuk mari simak.

Apa Itu Capsa?

Menurut yang MBDC temuin di internet Capsa itu artinya 13, karena setiap pemain dapetin 13 kartu masing-masing (nanti dijelasin lebih lanjut). Trus Capsa juga kadang disebut Big Two, karena kartu paling tinggi itu 2. Kartu yang dipake Capsa adalah kartu Remi biasa minus Joker, karena Joker jahat sukanya gangguin Batman. Aaaaak. Ya pokoknya Joker gak diikutsertakan deh.

Kenapa Capsa / Ceki ?

Capsa sangat populer di kalangan anak kuliahan apalagi yang kerjaanya cuma dateng doang ke kampus tapi titip absen. Tapi gak anak kuliahan doang sih yang suka main ini, anak sekolahan juga ada yang mainin. Capsa jadi populer karena permainannya yang gak rumit namun menarik (karena pake taktik dan strategi) dan tentunya bikin ketagihan. Makanya kalau lagi nongkrong gitu permainan pertama yang kecetus buat dimainin, biar gak bosen pasti Capsa deh.

Hukuman

Ini hal yang paling menarik dari permainan tongkrongan macam Capsa ini. Pemenang itu gak dapet apa-apa selain kebanggaan di antara pemain, tapi justru yang kalah dapet hukuman. Ya hukumannya gak berat sih tapi lumayan bikin malu (karena kadang hukumannya bisa bedakin atau coret muka) atau capek (karena kadang hukumannya jongkok atau berdiri). Oiya selain itu yang kalah dapet kehormatan buat ngocok k….ngocok apa hayo? ngocok kartu dong tentunya. Tsk, dasar pikiran kamu kotor banget deh.

Cara Main

Paling enak sih dimainin sama 4 orang. Jadi kalau kamu nongkrongnya lebih dari 4 orang, katakanlah 6 gitu ya, mendingan kamu bikin peraturan yang kalah ganti aja. Kenapa 4 orang? biar pembagian kartunya pas dan kartunya abis kebagi semua ke tiap pemain. Kan ada 52 kartu, trus dibagi 4, jadinya tiap orang dapet 13 kartu.