permainan-kartu-600x381

Permainan kartu merupakan permainan populer di berbagai kalangan masyarakat. Permainan ini mudah terkenal karena dapat dimainkan di mana pun dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal atau rumit. Dari pelajar hingga bapak-bapak yang suka berkumpul di pos ronda pasti mengenal berbagai jenis permainan kartu ini.

Inilah jenis permainan kartu yang banyak digemari itu. Kamu para jomblo paling suka yang mana?

Cangkulan

Cangkulan adalah permainan kartu yang paling banyak dikenal. Permainan ini sangat populer karena mudah dimainkan oleh siapapun. Bahkan kalangan anak-anak dan remaja pun dapat memainkan cangkulan ini. Peraturannya dan cara memainkan juga sangat mudah dipahami. Makin banyak jumlah pemainnya membuat permainan ini makin seru.

41

41 merupakan permainan kartu yang populer juga. Permainan ini hanya dapat dimainkan maksimal empat orang. Permainan ini mengandalkan keberuntungan dan perhitungan. Pemain harus mengumpulkan kartu dengan gambar yang sama hingga berjumlah 41. Nama permainan diambil dari jumlah akhir tersebut.

Blackjack

Blackjack merupakan jenis permainan kartu sederhana yang memiliki jumlah pemain lebih banyak dari permainan 41. Bila dalam permainan 41 pemain harus mengumpulkan poin sebanyak 41, maka dalam permainan blackjack pemain hanya perlu mengumpulkan poin sebanyak 21.  Namun, untuk memenangkan permainan ini diperlukan keberuntungan, kesempatan, dan strategi.

Capsa Banting

Capsa banting biasa disebut dengan nama Big 2 adalah permainan kartu yang cukup populer. Jumlah pemainnya adalah 4 orang. Masing-masing pemain diberikan kartu sebanyak 13 kartu. Permainan dimulai dari pemain yang mempunyai kartu bernilai paling rendah dan akan dianggap sebagai pemenang bila kartu di tangannya telah habis.

Capsa Susun

Permainan ini mirip dengan capsa banting. Capsa susun dimainkan oleh 4 orang, dengan jumlah kartu berjumlah 13. Bila dalam capsa banting pemain harus menghabiskan kartu yang ada di tangan, tetapi pada capsa susun pemain harus menyusun kartu menjadi 3 bagian yakni 5-5-3. Yang artinya 5 kartu bagian bawah dan tengah, serta 3 kartu di bagian atas. Bila sudah disusun, pemain akan membandingkan kartu milik mereka untuk menentukan pemenang.

Beberapa jenis permainan kartu tersebut sudah ada versi online-nya yang tersedia di ponsel berbasis Android ataupun iOs. Bila terpaksa tidak ada teman yang dapat diajak main kartu setidaknya kita masih dapat berlatih sendiri melalui aplikasi-aplikasi tersebut.