permainan solitaire

Solitaire merupakan permainan untuk satu pemain yang dapat dimainkan di komputer atau dengan 52 kartu permainan standar. Kadang-kadang permainan ini tidak mungkin diselesaikan dengan sukses, tapi hal tersebut justru menjadi bagian yang menyenangkan dari permainan ini dan juga menjelaskan mengapa nama lain dari permainan ini adalah “Persistence” (kesabaran). Dua bagian pertama dari artikel ini membahas pendekatan dasar dan yang sudah dikenal tentang bermain Solitaire. Bagian terakhir membahas cara memainkan variasi terkenal dari permainan ini.

Pengaturan Permainan Solitaire


Pahami tujuan permainan.
 Tujuan permainan ini adalah menciptakan empat tumpukan kartu, masing-masing setumpuk untuk tiap jenis kartu, dalam urutan menaik (dimulai dengan kartu As dan berakhir dengan kartu King).

Mulailah dengan mengatur posisi peletakan kartu. Taruhlah satu kartu terbuka dan tempatkan enam kartu tertutup di sebelahnya. Lalu taruhlah satu kartu terbuka di atas (tapi agak diturunkan) kartu tertutup pertama, lalu tempatkan lima kartu tertutup di atas lima kartu lain di sebelahnya. Teruskan melakukan hal ini, sehingga setiap tumpukan kartu memiliki satu kartu terbuka di atasnya dan tumpukan kartu di sebelah kiri memiliki satu kartu, sebelahnya memiliki dua kartu, lalu tiga, empat, lima, enam, dan terakhir tujuh kartu.

Tempatkan sisa kartu pada tumpukan terpisah di atas ataupun di bawah tumpukan. Tumpukan kartu ini digunakan untuk mendapatkan lebih banyak kartu ketika Anda kehabisan langkah permainan.

Siapkan tempat di bagian atas untuk empat tumpukan kartu.

Cara Bermain Solitaire

Lihat pada kartu yang terbuka di meja. Jika ada kartu As, tempatkan kartu As di sebelah atas dari tujuh tumpukan kartu. Jika tidak ada kartu As, maka atur ulang kartu-kartu yang ada, dengan memindahkan hanya kartu-kartu yang terbuka. Ketika Anda memindahkan kartu di atas kartu lainnya (agak ke bawah agar Anda masih dapat melihat kedua kartu), maka kartu yang di bawah harus berbeda warna dengan kartu yang dipindahkan ke atasnya dan memiliki nilai kartu satu angka lebih kecil. Jadi jika Anda memiliki kartu enam hati, maka Anda dapat menempatkan kartu lima daun atau lima keriting di atasnya.

  • Teruskan menempatkan kartu-kartu di atas kartu lainnya hingga Anda tidak dapat memindahkan kartu lagi.
  • Setiap tumpukan kartu harus berselang-seling warna dan memiliki urutan kartu yang menurun nilainya.

Buatlah agar kartu teratas dalam keadaan terbuka. Kartu teratas pada masing-masing dari tujuh tumpukan kartu harus terbuka. Jika Anda memindahkan suatu kartu, ingatlah untuk membalik kartu di bawahnya agar terbuka.

Bangun tumpukan kartu menggunakan kartu As sebagai dasarnya. Jika Anda memiliki kartu As di atas tujuh tumpukan kartu (pada akhirnya Anda harus menempatkan semua kartu As di situ), maka Anda boleh memindahkan kartu ke jenis kartu yang sesuai di atas tujuh tumpukan kartu dalam urutan menaik (A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, Ok).

Gunakan tumpukan kartu cadangan jika Anda kehabisan langkah permainan. Baliklah tiga kartu teratas, dan lihat apakah kartu tersebut dapat dimainkan. Acapkali, akan ada kartu As pada kartu-kartu tersebut! Jika Anda dapat menempatkan kartu teratas, periksa apakah Anda dapat meletakkan kartu berikutnya. Jika Anda dapat meletakkan kartu kedua, periksa apakah Anda dapat meletakkan kartu ketiga. Lalu jika Anda dapat meletakkan kartu ketiga, buka lagi tiga kartu lain dari tumpukan kartu cadangan. Jika Anda tidak dapat membuat langkah permainan dengan kartu-kartu tersebut, taruhlah kartu-kartu tersebut di tumpukan kartu buangan yang terpisah (tanpa mengubah urutan kartu). Ulangi hingga tumpukan kartu cadangan habis.

  • Setelah tumpukan kartu cadangan habis, gunakan tumpukan kartu buangan. Tapi pastikan bahwa Anda tidak mengocok kartu!

Jika Anda memiliki kartu terbuka yang tertutup oleh kartu terbuka lain, maka Anda boleh memindahkan kartu di atasnya ke tempat lain yang dapat menampung kartu itu sehingga kartu di bawahnya dapat bebas dipindahkan, dan akhirnya tempatkan kartu yang sudah bebas tersebut ke tempat lain yang diinginkan.

Jika Anda telah memindahkan semua kartu yang ada pada salah satu dari ketujuh tumpukan kartu sehingga menjadi kosong, maka Anda boleh memindahkan kartu King (tapi hanya kartu King) di tempat kosong tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *