Di Ragnarok X: Next Generationada total sebanyak 6 job class yang bisa dipilih, termasuk Swordsman, Thief, Archer, Merchant, Acolyte, dan Magician. Setiap job class memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan di Ragnarok X: Next Generation, tiap job class memiliki lebih dari satu tipe build senjata yang bisa dipilih. Ada beberapa build yang populer sebagai contoh adalah Archer yang menggunakan senjata longbow. Build ini jadi favorit banyak orang karena bisa memberikan damage per second (DPS) yang besar, karena status dasar senjata adalah attack speed.

Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang 5 build job class yang kurang populer atau non meta, yang sebenarnya memiliki potensi yang bagus dan yang lebih penting, kamu bisa build job class ini dengan biaya yang tidak semahal build populer lainnya.

1. Lord Knight One Handed Sword

Yang pertama adalah Lord Knight tipe One Handed Sword. Saat memilih job Swordman kebanyakan pemain akan memilih dua build populer, yakni build Two Handed Sword yang spesialis untuk serangan kritikal yang cepat, atau build Spear yang memiliki kelebihan untuk burst damage. Build yang terakhir adalah One Handed Sword + Shield yang artinya tipe ini lebih fokus untuk tank, meskipun bisa juga dijadikan tipe DPS. Build ini jika sudah jadi, bisa sangat sulit dibunuh, namun tetap bisa memberikan serangan yang cukup layak.

2. High Priest Battle

Job High Priest biasa identik dengan karakter support, namun di Ragnarok X: Next Generation High Priest juga bisa memilih build battle yakni menggunakan senjata Mace + Shield. Tipe ini sangat enak digunakan untuk grinding monster, apalagi saat berhadapan melawan monster undead. Untuk PvP build ini juga cukup layak diperhitungkan, karena memiliki kemampuan untuk memberikan serangan kritikal yang cepat dan memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik.

3. Sniper Shortbow

Di Ragnarok X: Next Generation, Sniper menjadi job yang sangat populer dan dipilih banyak pemain, karena job ini bisa melancarkan serangan jarak jauh yang sangat besar dan cepat. Untuk urusan senjata biasanya orang banyak memilih tipe longbow, di mana senjata ini memiliki status dasar attack speed. Sementara tipe build lainnya yang kurang populer dari job Sniper adalah menggunakan senjata shortbow. Build ini sebenarnya memiliki potensi yang baik, karena status dasar senjatanya adalah haste, yang artinya build ini akan lebih menggantungkan damage output dari penggunaan skill, hampir sama seperti Lord Knight tipe Spear.

4. Whitesmith Mace

Meskipun job ini dasarnya adalah Merchant yang biasanya digunakan untuk berdagang, namun Whitesmith juga tidak bisa diremehkan, karena job ini juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan damage yang besar berkat buff yang dimilikinya. Build populer yang biasa dipilih banyak orang adalah One Handed Axe + Shield yang fokusnya adalah burst damage menggunakan skill. Sementara untuk build non meta yang jarang dipilih adalah One Handed Mace + Shield, di mana build ini lebih menggantungkan kemampuan serangan menggunakan auto attack. Ada satu buff namanya Power Thrust Max yang akan meningkatkan damage normal attack hingga 50%!

5. High Wizard Two Handed Rod

Bagi pecinta MMORPG tentu tahu bahwa Mage adalah job yang memiliki kemampuan untuk menguasai elemen dan bisa menghasilkan serangan area (AOE). Build non meta di Ragnarok X: Next Generation yang jarang dipilih adalah tipe senjata Two Handed Rod, di mana senjata ini memiliki status dasar haste. Sebenarnya build ini cukup bagus, karena juga bisa menghasilkan damage yang besar seperti build populer One Handed Rod + Shield, namun kekurangannya adalah dari sisi pertahanan. Jika kamu memiliki komposisi job yang komplit di dalam tim, maka kekurangan tersebut tidak akan jadi masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *