PlayStation telah secara resmi mengumumkan fitur penambahan kapasitas penyimpanan (storage) pada PS5 melalui update yang dirilis beberapa waktu lalu. Dengan update tersebut pengguna PS5 bisa menambah kapasitas storage hingga 4TB dengan menggunakan M.2 SSD.

Setelah menunggu beberapa lama akhirnya saya kebagian juga M.2 SSD yang tiba-tiba saja menjadi baranggaib sejak PS5 mengumumkan fitur tersebut. Pada kali ini, M.2 SSD yang saya gunakan adalah Seagate FireCuda 530 heatsink dengan kapasitas 1TB (konten ini tidak disponsor ya hehe..).

BACA JUGA: Kenapa Stardew Valley Adalah Game Farming Sim Terbaik Hingga Saat Ini

Tidak berlama-lama, setelah saya terima M.2 SSD tersebut langsung saja saya memasang FireCuda 530 ke dalam console PS5. Proses yang awalnya saya kira akan sulit dan memakan waktu lama ternyata jauh lebih mudah dari yang saya perkirakan.

Di konten ini, saya telah merangkum cara memasang M.2 SSD di PS5. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah memasang M.2 SSD pada PS5!

Persiapan Sebelum Pemasangan M.2 SSD

Sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

Kalau kamu menggunakan M.2 SSD yang sudah pernah dipakai, pastikan M.2 SSD sudah ter-backup. Sebab begitu terpasang di dalam PS5, M.2 SSD akan di format ulang dan semua data di dalamnya akan hilang. Tapi kalau kamu menggunakan M.2 SSD baru, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini.Gunakan M.2 SSD dengan heatsink. PlayStation sendiri menganjurkan penambahan heatsink pada M.2 SSD untuk mencegah masalah pada console PS5.Kalau kamu ingin mengecek apakah M.2 SSD kamu sudah sesuai requirement PS5, kamu bisa cek di sini.Siapkan peralatan seperti obeng dan tempat menaruh baut agar tidak hilang.

Membuka Cover/Plate PS5

Pastikan console PS5 dalam keadaan mati totalCabut semua kabel dan colokan lainya yang terpasang pada console PS5 (tunggu sejenak apabila PS5 dalam keadaan panas)Letakan PS5 di atas permukaan yang rataLetakan dengan posisi logo PS5 menghadap ke bawah dengan disc tray menghadap ke atas seperti gambar di bawah iniPosisikan tangan kanan di ujung bawah kanan cover PS5Posisikan tangan kiri di dekat disc tray untuk menahan cover PS5Dengan tangan kanan, angkat cover PS5 perlahan dan geser ke arah tangan kiri

Tangan kiri di bagian disc trayTangan kanan di bagian bawah kanan

Memasang M.2 SSD pada SSD

Setelah cover PS5 terbuka, kamu dapat menemukan slot SSD (gambar 1)Buka bagian pada bagian yang ditunjuk menggunakan obeng (gambar 2)Angkat penutup pada bagian M.2 SSD slot (gambar 3)Masukan SSD secara perlahan, pastikan posisi M.2 SSD masuk ke dalam slot dengan sempurna (gambar 4 & 5)Setelah SSD masuk ke dalam slot, gunakan baut yang telah disediakan di dalam area SSD slot (gambar 6)Setelah SSD terkunci dengan baik, ambil penutup cover SSD dan tutup dengan rapat (gambar 7 & 8)

12345678

Menutup Cover/Plate PS5

Pastikan cover PS5 berada pada posisi yang tepatLalu ulangi cara memegang plate pada saat melepas, yaitu tangan kanan di bagian ujung kanan dan tangan kiri di bagian dekat disc tray.Sejajarkan cover PS5 dengan mesin console, lalu tekan perlahan sambil digeser ke arah tangan kananmu.

Tangan kiri di bagian disc trayTangan kanan di bagian bawah kanan

Proses Setelah Pemasangan SSD PS5

Setelah semuanya terpasang dengan baik, pasang kembali semua kabel dan nyalakan PS5. Begitu menyala, saya langsung disambut dengan tampilan seperti ini. Pilih “Format M.2 SSD” dan biarkan PS5 melakukan proses format M2. SSD.

Setelah semuanya beres, saya langsung mengecek di bagian setting lalu pilih bagian storage, di sini dapat dilihat Seagate FireCuda 530 saya sudah dikenali oleh console PS5 dengan kapasitas yang sesuai yaitu 1TB. Yesssss!

Well, seperti demikian pengalaman saya memasang M.2 SSD di console PS5. Waktu yang saya butuhkan pada proses ini kurang lebih 10 menit. Pesan saya, tidak perlu terburu-buru ketika ingin memasang M.2 SSD di PS5, pastikan kamu mengikuti semua prosesnya dengan hati-hati ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *