Ragnarok X: Next Generation memang memiliki segudang fitur yang bisa membuat para gamer tertarik untuk memainkannya. Apalagi nama besar game besutan Gravity ini telah sukses mencuri hati gamer di masa lampau lewat versi PC-nya. Namun, ada beberapa hal yang justru bisa membuat calon pemainnya malas untuk memainkan game ini. Kira-kira apa saja ya?

1. Seperti MMO Mobile Pada Umumnya yang Ditimpa Desain Ragnarok

Saat pertama kali mencicipi Ragnarok X: Next Generation, hal pertama yang kami lihat adalah visual dari Ragnarok X: Next Generation sangat diluar ekspektasi dan terkesan seperti sebuah game mobile MMO pada umumnya yang dijejali elemen Ragnarok Online. Bahkan Ragnarok M: Eternal Love masih lebih terasa feel Ragnarok-nya lho! Apalagi jika kamu telah mencoba Ragnarok Origin yang sementara ini baru rilis di Korea dan Jepang, percaya deh bakal terasa jauh banget!

BACA JUGA: Guide Ragnarok X: Next Generation – Cara Cepat Leveling Paling Efisien

2. Tidak Hoki = Progres Sangat Lambat

Fitur life skill di Ragnarok X: Next Generation memang menurut pendapat kami cukup baik, di mana setiap pemain bisa memanfaatkan stamina untuk fokus terhadap life skill tertentu sesuai kebutuhan dan bisa juga dijadikan cara untuk mendapatkan crystal. Namun, jika kita hanya mengandalkan crystal dari life skill saja tentu progres karakter akan terasa lambat sekali untuk memenuhi kebutuhan upgrade, refine, enchant equipment. Jika kamu hanya seorang pemain f2p, tentu kamu sangat membutuhkan keberuntungan untuk mendapatkan card atau drop MvP untuk mendapatkan crystal yang lebih banyak.

3. War of Emperium Kurang Seru dan Kapasitas Map Terbatas

War of Emperium atau biasa disebut WOE telah menjadi sebuah fitur yang tidak pernah absen di seri game Ragnarok. Fitur PvP guild ini yang membuat Ragnarok bertahan dan tetap eksis. Sayangnya, di Ragnarok X: Next Generation, map kastil WOE memiliki kapasitas, di mana jika kita telat masuk bisa mengantri. Sudah login terkadang antri, mau perang juga antri.

4. Tidak Bisa Pindah Server

Sebagai sebuah game hype tentu saja Ragnarok X: Next Generation dibanjiri oleh ribuan (mungkin hingga jutaan) pemain. Memiliki banyak server adalah salah satu solusi developer game untuk memastikan semua pemain bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Namun, sangat disayangkan hingga artikel ini ditulis, belum ada fitur untuk pindah server, di mana beberapa server sudah sepi. Tentu saja ini akan membuat pemain yang sudah terlanjur memilih server yang akhirnya sepi akan kehilangan serunya.

Pihak developer kini telah mengimplementasi fitur baru yakni KVM cross server, jadi pemain yang berpartisipasi dalam konten PvP ini bisa bertemu dengan berbeda server.

5. Harga Equipment High End Sangat Mahal

Sumber: Youtube

Di Ragnarok X: Next Generation equipment dengan grade warna emas adalah yang tertinggi. Equipment ini hanya bisa diperoleh lewat MVP, gacha, atau beli di exchange menggunakan Diamond. Untuk server populer, satu buah equipment emas bisa laku puluhan hingga ratusan juta rupiah! Bahkan tidak sedikit pemain yang telah merogoh kocek hingga milyaran rupiah untuk build equipment highend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *