Hingga saat ini, damage tetap menjadi kunci untuk menjajal konten end-game di Genshin Impact. Mau itu membunuh bos dengan cepat, menyelesaikan Spiral Abyss dengan skor sempurna, atau sekadar pamer, kamu perlu memaksimalkan damage yang kamu hasilkan. Tapi untuk memaksimalkan damage, kamu tentu perlu mengoptimalkan party yang kamu gunakan.

Selama punya strategi yang jelas, saya rasa ada banyak kombinasi party bisa menghasilkan damage yang tinggi. Tapi banyak pemain yang melewatkan beberapa hal penting dalam party-building sehingga mereka tidak bisa mencapai potensi damage yang bisa dihasilkan. Memang, Artifact dewa akan membuat siapapun bisa menghasilkan damage yang tinggi. Tapi Artifact yang sempurna tidak semudah itu dicari, dan kamu tetap memaksimalkan Artifact tersebut melalui tips di bawah ini:

Tentukan dan Manfaatkan Elemental Resonance yang Kamu Pakai

Elemental Resonance adalah efek bonus yang kamu dapatkan ketika kamu membawa dua karakter dengan elemen yang sama ke dalam party. Efek yang kamu dapatkan tentu saja beragam tergantung dengan jenis elemennya. Misalnya Elemental Resonance untuk Anemo akan memberikan cooldown reduction dan bonus movement speed ke semua karakter di party.

Manfaatkan efek Elemental Resonance ini untuk memaksimalkan damage output party-mu. Misalnya Elemental Resonance Cryo memberikan bonus Critical Rate besar untuk musuh yang beku atau terkena efek Cryo. Selama kamu bisa memberikan efek Cryo secara konsisten, berarti karakter party-mu tidak perlu mencari Artifact yang memberikan Critical Rate yang tinggi dan bisa fokus ke Critical Damage untuk damage yang lebih besar.

BACA JUGA: Build Terbaik untuk Sangonomiya Kokomi di Genshin Impact

Hal yang sama juga a berlaku untuk Resonance elemen lain. Pyro memberikanmu bonus Attack sampai 25 persen, jadi karaktermu mungkin bisa fokus meningkatkan Critical Rate dan Critical Damage. Resonance Electro membuatmu mendapatkan energi yang lebih banyak ke karakter Electro. Jadi karakter Electro di party-mu tidak perlu bonus Energy Recharge dari senjata atau Artifact.

Gunakan Elemental Reaction Sesering Mungkin

Untuk menghasilkan damage yang tinggi, kamu tidak bisa hanya mengandalkan raw damage dari satu karakter saja. Siapapun karakternya, DPS yang kamu pakai baru bisa menghasilkan damage yang signifikan jika kamu memanfaatkan Elemental Reaction. Karena dari Elemental Reaction inilah kamu mendapatkan multiplier dan damage tambahan.

Misalnya kamu menggunakan Eula sebagai DPS utama dalam tim yang mengandalkan damage fisik. Di atas kertas, damage fisik adalah jenis damage yang sulit ditingkatkan lebih jauh lagi. Tapi kamu tetap bisa meningkatkannya dengan memanfaatkan efek Superconduct. Artinya damage Eula akan meningkat jika ia dimainkan bersama karakter Electro seperti Fischl, Lisa, atau Electro Traveler.

Hal yang sama juga berlaku untuk karakter dengan elemen lain. Jika kamu menggunakan karakter Pyro seperti Klee, kamu bisa memanfaatkan efek Melt atau Vaporize. Untuk karakter Cryo seperti Ayaka, kamu bisa memanfaatkan Freeze, dan seterusnya. Elemental Reaction ini akan membuat damage karakter DPS yang dari sananya sudah tinggi jadi semakin tinggi.

Maksimalkan Peran Sub-DPS dan Support

Seperti yang saya sebutkan di atas, damage party kamu akan meningkat jika kamu bisa menggunakan Elemental Reaction. Tapi mengaktifkan Elemental Reaction tidak bisa dilakukan oleh satu karakter saja. Karakter DPS di party-mu perlu bantuan sub-DPS dan/atau support agar bisa benar-benar bersinar.

Selain menjadi pemicu Elemental Reaction, para support ini juga akan memberikanmu damage tambahan dari kemampuan yang mereka miliki. Memang, DPS party-mu akan jadi sumber damage utama. Tapi di samping itu tidak ada salahnya jika Xiangling juga ikut membantu dengan Elemental Skill atau Burst-nya. Begitu juga dengan Xinqiu, Fischl, Chongyun, Venti, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, karakter support ini perlu lebih dari sekadar level saja agar bisa memberikan kontribusi yang lebih dari sekadar pemicu Elemental Reaction. Karena itu pastikan karakter support-mu mendapatkan senjata dan Artifact yang ideal agar bisa memberikan damage tambahan yang maksimal ke musuh.

Manfaatkan Artifact Utility dan Support

Cara support dalam party berkontribusi tidak melulu dalam bentuk damage saja. Kadang buff atau debuff yang mereka ciptakan juga sangat membantu dalam pertarungan.

Beberapa karakter punya kemampuan yang membuat anggota party yang lain lebih kuat seperti shield atau bonus attack. Tapi ada juga set Artifact yang melakukan hal yang serupa ke tim. Dua yang paling populer misalnya adalah set Viridescent Venerer dan Noblesse Oblige. Set penuh Viridescent akan mengurangi Elemental Resistance lawan, membuat damage Elemental yang kamu hasilkan jadi lebih tinggi. Sementara itu Noblesse Oblige memberikan buff Attack ke seluruh anggota party ketika pemakainya melakukan Elemental Burst.

Beberapa karakter support di Genshin Impact seperti Venti atau Bennett biasanya lebih berperan sebagai utility. Untuk memaksimalkan fungsi tersebut menggunakan Artifact support akan membuat kontribusi mereka semakin terasa.

Jangan Lupa Rotasi karakter

Terakhir, semua persiapan di atas tentu saja tidak akan berarti jika kamu tidak bisa mengeksekusi strategi dan cara bermain party-mu dengan baik.

Umumnya, untuk memaksimalkan damage party, kamu harus melakukan rotasi karakter yang tepat. Sebagai contoh, saya menggunakan kombinasi Xiangling-Beidou-Fischl seperti di atas. Saya tentu akan membuka pertarungan dengan menggunakan Elemental Skill Fischl lalu switch dan menggunakan Elemental Skill Xiangling. Setelah itu saya akan tetap stay di Xiangling, tapi ketika akan menerima serangan lawan saya akan switch ke Beidou untuk mendapatkan perfect counter dari Elemental Skill-nya. Dari sini jika Elemental Burst Fischl sudah siap digunakan, saya akan switch dan menggunakannya, terutama ketika Oz sudah hilang dari permainan. Setelah itu biasanya Elemental Burst Beidou juga sudah bisa digunakan. Setelah itu tinggal switch kembali ke Xiangling untuk menggunakan apapun yang ia miliki.

Setiap party punya cara bermain dan siklus rotasi yang berbeda untuk menghasilkan damage yang maksimal. Kenali strategi dan cara bermain party-mu dan identifikasi seperti apa siklus rotasi yang harus kamu lakukan dengan dan tanpa Elemental Burst.

Sadar atau tidak, semua tips di atas selalu berkisar pada memaksimalkan peran karakter support yang kamu bawa dalam party. Karena satu hal yang kadang diabaikan oleh pemain Genshin Impact adalah memberikan perhatian ke karakter support dalam party mereka sendiri. Memang, dengan build minimum mereka tetap bisa memberikan kontribusi yang cukup besar. Tapi kontribusi tersebut akan semakin terasa jika kamu memberikan mereka equipment yang layak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *