Saat ini para penggemar Final Fantasy XIV tentunya sedang bergembira, karena expansionkeempat yang bertajuk Endwalker secara resmi bakal di rilis tanggal 23 November mendatang! Dan baru-baru ini dalam sebuah acara, sang produser, Naoki Yoshida mengungkapkan sebuah fakta bahwa Final Fantasy XIV sukses menjadi sebuah MMORPG yang memberikan keuntungan besar dalam sejarah perusahaan lho!

Meskipun kesuksesan ini bagi sebagian orang mungkin terlihat biasa, karena memang franchise Final Fantasy sudah cukup melegenda dan terbukti sukses mencuri hati jutaan gamer di dunia, namun bagi pemain Final Fantasy XIV yang memainkan game ini sejak awal rilis, tentu akan menyadari bahwa kesuksesan ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat awal perilisan game ini tidak semulus yang diharapkan banyak orang.

Bagi kamu yang belum tahu, ketika pertama kali diluncurkan pada bulan Agustus 2010, Final Fantasy XIV bisa dikatakan sebagai sebuah produk gagal. Game ini dihujani banyak kritikan dan dicerca oleh banyak penggemar, khususnya bagi pemain Final Fantasy XI yang berencana untuk pindah.

Singkat cerita, akhirnya tim developer Final Fantasy XIV diserahkan kepada Yoshida, lalu pada tahun 2013 diluncurkan kembali dengan nama Final Fantasy XIV: A Realm Reborn. Versi ini jauh diterima dengan baik oleh para penggemar dan menjadi sebuah MMORPG paling populer hingga sekarang.

Yoshida juga menceritakan bahwa setelah meluncurkan expansion pertama bertajuk Heavensward, jumlah pemain Final Fantasy XIV meningkat hingga 4 juta pemain. Setelah itu pada tahun 2017, expansion kedua Stormblood dirilis dan jumlah pemain kembali meningkat hingga 16 juta pemain. Dan expansion yang terakhir, Shadowbringers yang rilis pada tahun 2019 lagi-lagi menjadi mesin penyedot pemain, di mana jumlah pemainnya meningkat drastis hingga 24 juta pemain!

Melihat pertumbuhan pemain yang semakin membaik, tentu game ini kemungkinkan akan terus berkembang dan masih eksis setelah expansion keempat mereka rilis bulan depan. Selamat kepada seluruh tim Final Fantasy XIV atas pencapaian besar ini dan semoga kedepannya bakal muncul seri Final Fantasy Online yang lebih keren dan modern!

Leave a Reply