Cara Bermain Kartu Uno 6

Jika kamu mencari permainan kartu mengasyikkan untuk dimainkan bersama teman-teman, cobalah UNO! Setiap pemain mendapatkan 7 kartu UNO. Untuk bermain, pasangkan salah satu kartumu dengan kartu yang sudah dikeluarkan. Pemain pertama yang berhasil menghabiskan semua kartunya memenangkan permainan.

Setelah itu, semua pemain menghitung skor masing-masing. Permainan berlanjut hingga seseorang mendapatkan 500 poin. Setelah kamu memahami dasar peraturan permainan UNO, kamu bisa mencoba variasi permainan untuk menikmati tantangan baru.

Masuk ke Permainan

Kocok kartu dan keluarkan 7 kartu untuk setiap pemain

Siapkan satu pak kartu UNO dan kocok 108 kartunya. Setelah itu, berikan 7 kartu kepada setiap orang yang ingin bermain. Minta setiap pemain untuk meletakkan kartunya dalam posisi terbalik (telungkup).

  • Kamu bisa memainkan permainan ini dengan 2-10 pemain. Setiap pemain harus berusia minimal 7 tahun.

Simpan sisa kartu di tengah meja

Pastikan kartu-kartu pada tumpukan ini diletakkan dengan posisi menghadap ke bawah. Saat permainan berlangsung, tumpukan ini akan digunakan oleh para pemain untuk mengambil kartu baru.

Ambil dan buka kartu teratas dari tumpukan kartu untuk memulai permainan

Tempatkan kartu teratas di samping tumpukan kartu dengan posisi terbuka. Kartu ini digunakan untuk mulai bermain dan seiring berjalannya permainan, kartu tersebut akan menjadi tumpukan “buangan”.

Keluarkan kartu sesuai warna, nomor, atau simbol pada kartu yang dibuka.

Pemain di sisi kiri pengocok atau penyebar kartu harus mengeluarkan kartu dengan warna, nomor, kata, atau simbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja. Mintalah ia untuk menempatkan kartunya di atas kartu buangan pertama tersebut. Pemain berikutnya kemudian melihat kartu-kartu yang ia miliki untuk mencari kartu yang bisa dikeluarkan.

  • Sebagai contoh, jika kartu yang terbuka di tengah meja merupakan kartu angka 8 berwarna merah, kamu bisa mengeluarkan kartu angka berapa pun yang berwarna merah atau kartu warna apa pun dengan angka 8.
  • Giliran permainan biasanya berjalan berlawanan dengan arah jarum jam dari pengocok atau penyebar kartu.

Ambil kartu dari tumpukan kartu jika kamu tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan

Saat mendapatkan giliran dan tidak ada kartu dengan warna, nomor, atau simbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja, ambil satu kartu dari tumpukan kartu dan simpan. Kamu bisa langsung memainkan kartu tersebut jika salah satu aspeknya sama dengan aspek yang ditampilkan pada kartu yang ada di tengah meja.

  • Jika kamu tidak bisa memainkan kartu tersebut, pemain berikutnya mendapatkan giliran.

Perhatikan kartu tindakan dan bebas

Selain kartu UNO biasa yang memuat angka, ada 3 jenis kartu tindakan. Jika kamu mengeluarkan kartu bebas, kamu bisa menentukan warna yang harus dimainkan pada giliran berikutnya. Jika kamu mengeluarkan kartu “Ambil 2” (+2), pemain berikutnya harus mengambil 2 kartu dan gilirannya dilewati. Jika kamu mengeluarkan kartu “Putar Balik”, arah giliran dibalik sehingga pemain yang bermain sebelum kamu mengeluarkan kartu kembali mendapatkan giliran.[6]

  • Kartu “Putar Balik” ditandai oleh dua panah yang menghadap ke arah berlawanan.
  • Jika kamu mengeluarkan kartu “Lewat”, yaitu kartu dengan lingkaran yang dicoret, giliran pemain setelahmu akan dilewati.

Katakan “UNO” jika kamu hanya memiliki satu kartu

Tetap mainkan giliran hingga seorang pemain memiliki 1 kartu saja. Pada tahap ini, pemain tersebut harus mengatakan “UNO”. Jika tidak, ia akan mendapatkan hukuman saat pemain lain mengetahuinya.

  • Jika seseorang lupa mengatakan “UNO”, berikan ia dua kartu tambahan sebagai hukuman. Jika tidak ada yang menyadari bahwa ia tidak mengatakan “UNO”, ia tidak perlu mendapatkan hukuman.

Mainkan kartu terakhir untuk memenangkan permainan

Setelah tersisa satu kartu (dan kamu sudah mengatakan “UNO”), tunggu hingga giliranmu kembali. Jika kamu bisa mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain selesai, kamu memenangkan permainan.

  • Jika kamu tidak bisa memainkan kartu terakhirmu, ambil kartu lain dan lanjutkan permainan hingga seseorang berhasil menghabiskan semua kartunya.
  • Jika ada, cobalah simpan kartu bebas sebagai kartu terakhir. Dengan begini, dapat dipastikan kamu bisa menggunakan kartu itu sebagai kartu terakhir dan memenangkan permainan!

Hitung poin setiap pemain di akhir permainan. 

Pemain yang memenangkan permainan mendapatkan poin dari jumlah kartu yang tersisa di tangan para pemain lain. Catat poin untuk setiap ronde dan tetap bermain hingga ada pemain yang mencapai 500 poin. Pemain tersebut kemudian memenangkan permainan. Untuk skor, pemain yang memenangkan ronda mendapatkan:

  • 20 poin untuk setiap kartu “Ambil Dua”, “Putar Balik”, atau “Lewat” yang ada di tangan lawan
  • 50 poin untuk kartu “Bebas” dan “Bebas Ambil 4”
  • Poin sesuai angka pada kartu (mis. kartu “8” memiliki 8 poin)

Leave a Reply