Fight’N Rage

Beat ‘em Up adalah genre yang tidak populer di era modern saat ini. Genre ini kemudian dianggap “hidup” kembali dengan hadirnya River City Girls, spin-off modern dari River City Ransom di tahun 2019. Kemudian di tahun 2020 Streets of Rage akhirnya menghadirkan sekuel terbarunya setelah lebih dari 15 tahun menghilang.

Tapi sebelum kedua game tersebut rilis, sebenarnya ada beberapa game indie yang mencoba membawa pengalaman beat ‘em up klasik. Salah satu yang menurut saya paling menarik dan retro adalah Fight’N Rage dari developer asal Uruguay, Seba Games Dev.

Saat artikel ini rilis, game ini sedang diskon besar-besaran dan bisa kamu beli hanya dengan Rp13.000 saja. Tapi pertanyaannya tentu saja apakah game ini memang layak dibeli?

Retro di Era Modern

fightn-rage-layak-beli-tidak-gp1

Fight’N Rage punya satu niat yang jelas, yaitu membawa kembali pengalaman beat ‘em up ala tahun 90-an ke era modern. Niat tersebut langsung terlihat dari presentasinya dengan grafis piksel dan juga musik metal yang mengiringi permainan. Tidak tanggung-tanggung layar permainanmu juga terlihat seolah kamu bermain di TV cembung ala tahun 90-an.

Tidak hanya presentasi visual dan audio saja, secara tema dan cerita game ini juga terkesan retro. Banyak elemen permainan yang terlihat berlebihan dan absurd, mulai dari desain musuh, dialog, serta UI yang ditampilkan baik di dalam dan luar permainan.

Gameplay Fight’N Rage juga menekankan kesan retro ini. Kamu bisa memainkan satu dari tiga karakter, masing-masing dengan bentuk/ukuran badan serta gaya bertarung sendiri. Kamu menyerang dengan menekan satu tombol saja dan mengombinasikan serangan tersebut dengan directional pad untuk variasi serangan yang berbeda. Selain itu kamu juga bisa melompat untuk melakukan serangan udara serta special yang bisa diisi dengan cepat.

fightn-rage-layak-beli-tidak-gp2

Combo dalam game ini terbilang sederhana dan lebih mengarah ke improvisasi. Satu string serangan akan langsung menghempaskan lawan ke jarak yang cukup jauh, tapi jika kamu mengejar lawan tersebut dengan gerakan lain, kamu bisa menghasilkan damage lanjutan ke lawan. Lalu untuk special, kamu bisa menggunakannya jika meteranmu sudah terisi penuh. Tapi kamu juga bisa menggunakannya sebelum itu dengan membayar menggunakan HP kamu. Menggunakan special dengan HP bisa jadi pertimbangan karena gerakan ini bisa membuatmu lepas dari situasi terjepit.

Skema kontrol dan gerakan ini membuat gameplay Fight’N Rage cukup mudah dipahami. Tapi untuk menguasainya dan mengatasi musuh yang kuat dan/atau dalam jumlah banyak jelas tidak mudah.

Menguasai gerakan karaktermu terbilang penting karena satu-satunya kelemahan game ini adalah difficulty spike-nya yang cukup teras. Di beberapa level awal, kamu harusnya bisa mengatasi semua musuh tanpa berpikir banyak. Tapi setelah mencapai level tertentu kamu akan ditempatkan dalam situasi yang membuatmu harus menguasai gerakan karakter dengan baik. Sebagai contoh ada satu stage di mana kamu berdiri di sebuah rakit dan harus menghadapi musuh yang berdatangan. Musuh-musuh ini bisa kamu lempar ke air, tapi kemudian kamu dihadapkan dengan musuh yang bisa terbang dan menuntutmu bisa menghindar atau punya manuver udara yang baik.

fightn-rage-layak-beli-tidak-gp3

Satu lagi sentuhan menarik yang dihadirkan di Fight’N Rage adalah branching path yang tersedia. Di beberapa level, kamu bisa mengambil rute yang berbeda. Rute ini akan membawamu ke area yang berbeda dengan musuh dan tantangan yang berbeda. Menariknya, beberapa cabang ini tidak diperlihatkan secara intuitif dan kadang tidak bisa kamu akses tanpa melakukan persiapan tertentu. Ini membuat Fight’N Rage punya replayability yang lebih tinggi di luar fitur-fitur tambahan lain seperti time attack, versus mode, dan kosmetik.

Untuk sebuah game indie, Fight’N Rage memberikan pengalaman beat ‘em up klasik yang mirip dengan game jadul di genre ini. Beberapa levelnya akan membuatmu kaget karena lebih sulit dari level-level sebelumnya. Tapi jika kamu suka beat ‘em up yang menantang dan punya feel retro yang sangat kental, game ini jelas layak kamu coba.

Original Article

Follow Us Here Too :
OVOMusic | Best Music Streamer
OVONews | Games and Entertainment News
OVODrama | Nonton Korea Sub Indo
OVOMovies | Nonton Film Sub Indo
OVOAnime | Nonton Anime Sub Indo

Leave a Reply