perbedaaan-playstation-plus-vs-xbox-game-pass-5

Bagi kamu yang memainkan game di PS atau Xbox pasti sudah tidak asing dengan layanan PlayStation Plus dan Xbox Game Pass. Layanan yang diberikan oleh Sony dan Microsoft ini memang ditujukan untuk memanjakan gamer dengan berbagai benefit yang dimilikinya.

Keduanya sama-sama memberikan benefit game gratis setiap bulannya. Tentunya dengan skema yang berbeda. Jika PlayStation Plus terlihat seperti layanan berlangganan yang memberikan tambahan game gratis, Xbox Game Pass lebih mirip seperti Netflix tapi dari sisi game.

Setiap bulannya, semua gamer di kubu biru pasti menantikan berita terbaru dari PlayStation Plus untuk melihat ada game apa saja yang akan digratiskan bulan tersebut. Tidak ketinggalan, gamer di kubu hijau juga selalu menantikan update daftar game apa saja yang akan masuk ke library Xbox Game Pass.

Simak perbedaan PlayStation Plus vs Xbox Game Pass di bawah ini!

Katalog Game

perbedaaan playstation plus vs xbox game pass 5

Jika kamu berlangganan PlayStation Plus, kamu akan mendapatkan tiga game gratis setiap bulannya. Satu game untuk di PS5, dua game lagi untuk di PS4. Sony sering kali membagikan game AAA dalam daftar game gratisnya seperti Uncharted: The Nathan Drake Collection. Bahkan saat peluncuran PS5 kemarin, Sony memperkenalkan PS Plus Collection untuk PS5 di mana kamu dapat mengunduh dan memainkan game PS4 seperti Batman Arkham Knight, Bloodborne, Fallout 4, God of War, Monster Hunter: World, Persona 5, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat memainkan lebih dari 100 game Xbox di Xbox Game Pass secara gratis selama masa berlanggananmu masih aktif. Game eksklusif mereka seperti Gears 5 dan Ori and the Will of the Wisps juga dapat dimainkan secara gratis pada hari pertama game tersebut dirilis. Setidaknya ada lebih dari lima game yang dirilis setiap bulannya baik itu dari first-party studio atau third-party studio. Game gratis dari layanan Xbox Live Gold juga dapat diunduh secara gratis.

Fitur dan Benefit

Ingin mabar online bersama dengan temanmu di PS4 atau PS5? Kamu membutuhkan layanan PlayStation Plus ini untuk dapat bermain online multiplayer (kecuali game seperti Fortnite dan Apex Legends). Selain itu, kamu juga bisa mengunduh item eksklusif seperti skin melalui Store. Saat ada Season Sale, kamu akan mendapatkan diskon eksklusif. Progress bermainmu juga bisa diunggah di cloud yang berkapasitas 100 GB.

Xbox Game Pass menawarkan hal serupa di mana kamu dapat mengunduh game Xbox baik di PC atau console. Selain itu, layanan Xbox Live Gold yang memberikan game gratis Xbox dan EA Play yang memberikan judul game EA terbaik juga sudah termasuk ke dalam Xbox Game Pass. Kamu juga dapat memainkan game Xbox melalui cloud di perangkat mobile dan tentunya diskon eksklusif game Xbox.

Harga Langganan

Kategori berlangganan PlayStation Plus dibagi menjadi tiga, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, dan 12 bulan. Tentu saja harga berlangganan 12 bulan sebesar Rp559.000 adalah yang paling direkomendasikan karena cukup murah. Total tiga game gratis setiap bulan saja bisa mencapai harga lebih dari 1 juta jika dihitung. Jadi, kamu bisa menghemat lebih banyak uang. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan diskon sale besar di mana harga langganan 12 bulan hanya sebesar Rp279.000.

Kategori berlangganan Xbox Game Pass juga terbagi menjadi tiga mulai dari Xbox Game Pass for Console, Xbox Game Pass for PC, dan Xbox Game Pass Ultimate. Yang paling direkomendasikan adalah Xbox Game Pass Ultimate seharga $14.99 setiap bulannya tetapi kamu dapat mencobanya seharga $1 untuk bulan pertama. Xbox Game Pass Ultimate sudah termasuk dapat memainkan game baik di PC dan console serta layanan Xbox Live Gold + EA Play.

Kesimpulan

Jika melihat dari katalog game, tentu Xbox Game Pass menawarkan daftar game yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Terlebih, setiap bulannya ada banyak game baru yang bisa kamu coba. Kekurangan PlayStation Plus adalah tidak adanya game eksklusif mereka (hanya dapat diakses di PS Now). Namun, dari harga berlangganan, PlayStation Plus lebih murah karena setahun hanya sebesar Rp559.000 dan kekurangan Xbox Game Pass adalah cukup mahal untuk sebulan.

Lalu, dengan perbedaan PlayStation Plus vs Xbox Game Pass ini, mana yang harus kamu ambil? Sebagai gamer yang memainkan PS dan Xbox serta berlangganan keduanya, saya menyarankan untuk mengambil keduanya mulai dari PlayStation Plus untuk 12 bulan dan Xbox Game Pass Ultimate. Setidaknya coba dulu Xbox Game Pass yang seharga $1 dan kamu akan menemukan banyak game mulai dari AAA sampai indie.

Toh, dengan berlangganan keduanya kamu tidak perlu membeli masing-masing game dengan harganya sendiri-sendiri. PlayStation Plus akan memberikan banyak game AAA dan Xbox Game Pass membuatmu dapat memainkan game eksklusif mereka di hari pertama rilis.

Original Article

Follow Us Here Too :
OVOMusic | Best Music Streamer
OVONews | Games and Entertainment News
OVODrama | Nonton Korea Sub Indo
OVOMovies | Nonton Film Sub Indo
OVOAnime | Nonton Anime Sub Indo

Leave a Reply