keep-taling-nobody-explodes

Sebelumnya, mayoritas game yang memanfaatkan fitur komunikasi jarak jauh adalah game multiplayer kompetitif seperti MOBA seperti Dota 2 dan tactical FPS seperti CS:GO. Tapi seiring perkembangan zaman muncul banyak game yang menuntutmu berkomunikasi dengan skala yang lebih kecil dan untuk memecahkan masalah yang lebih sederhana yaitu puzzle.

Ada banyak game yang mengajakmu bermain berdua untuk memecahkan puzzle, tapi masing-masing pemain punya perspektif dan informasi yang berbeda. Tugas kedua pemain tentu saja saling bertukar informasi dan bersama-sama menelaah informasi tersebut menjadi solusi untuk puzzle yang mereka hadapi. Game yang menggunakan dinamika seperti ini sebenarnya sudah mulai banyak seperti We Were Here, Operation Tango, dan Tick Tock A Tale For Two. Tapi satu yang menurut saya paling unik di antara kelompok game ini adalah Keep Talking And Nobody Explodes.

Berkomunikasi Di Bawah Tekanan Waktu

layak-beli-tidak-keep-taling-nobody-explodes

Premis Keep Talking And Nobody Explodes sebenarnya sederhana: Satu pemain akan dihadapkan dengan sebuah bom berbentuk kotak. Bom ini memiliki timer dan beberapa panel berupa modul puzzle yang bentuknya beragam. Tugas pemain ini adalah memecahkan semua modul yang ada sebelum timer-nya habis. Pemain bisa melakukan tiga kesalahan, dua kesalahan pertama akan membuat timer berjalan lebih cepat, sementara timer ketiga akan meledakkan bom.

Meskipun bertugas menjinakkan bom, kamu tidak memegang informasi cara memecahkan modul yang kamu hadapi. Kamu harus bergantung dengan satu pemain lagi yang memegang manual instruksi cara memecahkan semua modul. Kedua pemain harus berkomunikasi. Pemain yang menjinakkan bom harus menjelaskan seperti apa modul yang ia hadapi, sementara yang memegang manual harus dilakukan terhadap modul tersebut.

layak-beli-tidak-keep-taling-nobody-explodes-morse

Sebagai contoh, salah satu modul paling sederhana adalah kumpulan kabel yang salah satunya harus dipotong. Pemain yang melihat kabel harus menjelaskan informasi seperti berapa jumlah dan warna kabel. Berdasarkan informasi tersebut pemain yang memegang manual harus menentukan kabel mana yang harus dipotong.

Modul puzzle yang ada di game ini punya tingkat kesulitan yang beragam. Tapi ada puzzle yang bisa langsung dipecahkan dengan premis “jika A, maka lakukan B.” Umumnya kamu akan dihadapkan dengan kondisi “jika A, coba cek apakah ada B, jika ada, lakukan C, jika tidak, lakukan D.” Semakin rumit modul yang ada, semakin rumit juga logika yang harus kamu terapkan.

Tapi bukan berarti beban untuk menjinakkan bom hanya ada di pundak pemain yang memegang manual/instruksi saja. Pemain yang menjinakkan bom harus bisa menyampaikan informasi yang ia lihat dengan jelas. Memberikan informasi yang keliru atau tidak lengkap akan membuahkan solusi yang keliru dan bisa membuatmu kalah/gagal. Kedua pemain harus bisa memahami cara masing-masing-masing menerima dan mengolah informasi. Dari situ masing-masing juga harus bisa memberikan informasi yang bisa dipahami bersama.

layak-beli-tidak-keep-taling-nobody-explodes-manual

Sebagai contoh, ketika menghadapi puzzle berupa kumpulan simbol unik, kamu mungkin punya bahasa sendiri dalam mendeskripsikan simbol tersebut. Lawan mainmu harus bisa memahami deskripsi tersebut dan memberikan instruksi yang tepat. Lama kelamaan kamu dan satu lawan main ini akan menggunakan satu bahasa yang sama untuk puzzle tersebut. Tapi “bahasa” yang sama mungkin tidak bisa diterapkan ke pemain lain sehingga kamu, teman mainmu, atau keduanya harus beradaptasi kembali.

Mencoba berkomunikasi dan menelaah puzzle yang ada untuk memecahkan bom adalah tugas yang tidak mudah terutama jika kamu menghadapi bom dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Tapi yang membuat game ini lebih seru adalah timer yang kamu hadapi. Waktu untuk memecahkan semua modul dan menjinakkan bom tidaklah singkat. Karena itu kamu dan teman mainmu harus menemukan cara berkomunikasi yang tidak hanya efektif tapi juga efisien atau cepat.

Tidak hanya itu, satu hal yang tidak kalah penting adalah kedua pemain harus bisa tenang di bawah tekanan waktu. Panik sedikit saja akan membuat pertukaran informasimu berubah dan berantakan. Jadi kedua pemain sebaiknya bisa tenang meskipun sedang dikejar waktu.

layak-beli-tidak-keep-taling-nobody-explodes-labirin

Keep Talking And Nobody Explodes adalah game yang bisa dimainkan berkali-kali, dan idealnya dengan teman bermain yang berbeda-beda demi tensi dan komunikasi yang berbeda. Sayangnya seiring waktu game ini akan kehilangan tantangannya terutama ketika salah satu pemain sudah “hafal” dengan modul yang ada. Ini sebenarnya sudah ditambal dengan modul yang di-update secara berkala. Tapi “umur” modul tersebut pada akhirnya tetap tergantung pada seberapa sering kamu bermain.

Terlepas dari itu, Keep Talking And Nobody Explodes adalah game yang seru dimainkan berdua. Kedua pemain tidak perlu kemampuan motorik yang baik atau fasih bermain game dan hanya perlu berkomunikasi dengan baik. Artinya kamu bisa mengajak siapapun bermain.

Original Article

Follow Us Here Too :
OVOMusic | Best Music Streamer
OVONews | Games and Entertainment News
OVODrama | Nonton Korea Sub Indo
OVOMovies | Nonton Film Sub Indo
OVOAnime | Nonton Anime Sub Indo

Leave a Reply