Super-Mario-Bros

Game legendaris, Super Mario Bros baru saja merayakan hari jadinya yang ke 36 tahun. Perayaan tersebut sehubungan dengan tanggal perilisannya yang pertama kali diterbitkan oleh pihak pengembang sekaligus penerbit Nintendo pada 13 September 1985 silam di Jepang.

Sebelum meraih popularitasnya di pasar global, video game Super Mario Bros sempat mengalami kegagalan untuk menembus pasar Amerika Serikat. Hal itu yang kemudian membuat Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka bersikeras untuk menciptakan sebuah konsep baru dan lain dari sebelumnya.

Pemilihan nama Mario berawal dari Miyamoto yang saat itu bekerja disebuah wilayah di Seattle, Amerika Serikat. Ia kemudian harus menghadapi pemilik tanah yang datang secara tiba-tiba dan menagih uang sewa yang dianggap telah jatuh tempo. Dan nama pemilik tanah itu adalah Mario.

Sebelumnya, Miyamoto sebagai pengembang menciptakan konsep cerita seperti tokoh Popeye yakni seorang pria yang memiliki kekuatan dan berusaha untuk menyelamatkan gadis pujaan hatinya. Kemudian Miyamoto mengubahnya dengan menghadirkan sang tukang ledeng yang memiliki kekuatan untuk menyelamat cintanya dari serangan gorila raksasa yakni Dongkey Kong. Setelah itu Miyamoto memberi nama sang tokoh utama dalam game dengan sebutan Jumpman.

Namun setelah pertemuan dengan pemilik tanah tempat Miyamoto menyewa, ia kemudian berpikir untuk mengubah nama Jumpman menjadi Mario. Selanjutnya Miyamoto menghadirkan tokoh baru yakni Luigi yang tak lain sebagai saudara Mario. Kehadiran Luigi dalam serial game Super Mario Bros membantu sang tokoh utama untuk berevolusi di setiap tingkatan levelnya dan akhirnya game legendaris ini berhasil memasuki pasar global.

Bagi sebagian orang Super Mario Bros hanyalah sebuah game untuk mengatasi rasa bosan atau hanya hiburan semata saja. Namun tahukah Anda bahwa Super Mario Bros ternyata memiliki nilai-nilai leadership atau kepemimpinan dalam setiap permainannya? Berikut ini adalah pelajaran leadership yang bisa Anda temukan di game Super Mario Bros.

1.Siap Mengambil Risiko

Petualangan Super Mario Bros mungkin tampak menyenangkan, tapi tahukah Anda bahwa Mario mengajarkan kita untuk siap mengambil risiko tentang apapun terjadi bahkan dengan hal-hal yang tidak diketahui sekalipun. Dengan menelusuri tanah yang belum pernah dijelajahi dan masuk ke dalam lubang tersembunyi merupakan bukti bahwa jangan pernah takut untuk bereksperimen atau mencoba hal baru termasuk mengambil risiko apapun itu.

2.Optimis dan Positif

Setelah berani menghadapi risiko apapun yang akan terjadi, game Super Mario Bros juga mengajarkan kita tentang optimis dan positif. Hal itu dapat dilihat dari cara Mario menghadapi tantangan bahkan bahaya secara realistis, namun tidak lupa untuk mempertahankan sikap optimis dan positif kepada anggota tim lainnya. Pelajaran leadership ini yang dapat kita adopsi ke dalam kehidupan kita sehar-hari.

3.Mampu Beradaptasi

Perubahan adalah hal yang pasti sementara beradaptasi adalah pilihan. Kita tidak dapat menahan laju perubahan yang terjadi dilingkungan kita. Namun kita punya pilihan apakah kita akan beradaptasi dengan perubahan atau justru sebaliknya.

Game Super Mario Bros membuktikannya melalui perubahan seperti lokasi bersalju, padang pasir, di bawah air baik sendirian maupun berkelompok. Mario tetap mampu menemukan cara untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, pelajaran leadership dari Super Mario Bros dapat membantu Anda untuk menentukan kepemimpinanmu.

4.Mampu Menentukan Tujuan

Mario memiliki tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pada setiap tahapan level yang tersedia dalam game Super Mario Bros, tukang ledeng perlu fokus kepada tujuan kecil untuk dapat menjangkau level berikutnya. Bekerja dengan tenggat waktu tertentu yang realistis dapat membantu kita untuk bergerak maju dan menghindari kita dalam menunda pekerjaan. Pelajaran inilah dibutuhkan agar kita lebih produktif lagi.

5.Fokus Pada Tujuan Utama

Tujuan utama game Super Mario Bros adalah menyelamatkan Princess Peach di mana untuk mewujudkan tujuan utamanya, ia tak lepas dari berbagai tantangan yang dihadapi dalam setiap levelnya. Setiap kali Mari berhasil menaklukan tahapan dan tantangan itu artinya ia semakin dekat dengan tujuan utamanya.

Dengan kata lain, mulailah untuk memikirkan masa depan dan memeriksa kembali bahwa apa yang Anda hadapi sekarang adalah upaya untuk mencapai tujuan utama Anda seperti Mario dan Princess Peach. Semua yang Anda pikirkan mustahil bisa saja terjadi tanpa Anda duga. Jadi mulai sekarang jangan pernah remehkan rencana besar ataupun tujuan utama Anda.

6.Cari Hal Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Saat Mario bertemu dan menyentuh jamur di sekitarnya, hal itu membuat ia memiliki kekuatan dan membantunya dalam meningkatkan kepercayaan diri. Pelajaran inilah yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan leadership dalam diri Anda. Mulailah untuk mencari dan membangun kepercayaan diri Anda dengan cara menerima tantangan, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan positif, mampu mengambil keputusan secara bijak dan lain-lain.

7.Belajar Bersosialisasi

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, Mario Bros dikelilingi oleh beberapa tokoh yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Adapun beberapa tokoh yang mengelilingi Mario adalah Luigi, Yoshi si Naga, Princess Peach, Toad si Jamur, Koopa si Kura-kura dan Bowser, musuhnya. Mario sudah pasti berinteraksi dengan mereka sesuai dengan versinya masing-masing.

Dalam mengembangkan peran kepemimpinan, seorang Leader harus belajar bersosialiasasi dnegan orang yang berbeda-beda untuk menjadi yang terbaik dari masing-masing mereka. Sehingga kita dapat memimpin dan membuat tim berjalan sesuai dengan visi misi bersama.

8.Menghargai Pencapaian

Apapun pecapaianmu, baik dalam bentuk kecil maupun besar. Itu tetap merupakan bagian dari pencapaianmu. Hal ini yang kemudian diajarkan oleh Super Mario Bros kepada kita semua. Setiap rintangan yang dapat diatasi oleh Mario memungkinkannya untuk meraih ratusan koin atau membuka dunia baru. Semakin banyak koin atau hadiah yang didapatkan, maka semakin banyak energi yang Mario dapatkan.

Oleh karena itu, belajarlah melalui Super Mario Bros untuk membentuk sisi kepemimpinanmu saat ini dengan cara menghargai sebuah pencapaian dalam bentuk apapun itu. Hal ini tidak hanya diperoleh untuk diri sendiri, Anda juga dapat menerapkannya pada bisnis yang Anda jalani atau tim yang Anda pimpin. Jika Anda dapat menghargai sebuah pencapaian, hal itu dapat memperkuat Anda sebagai seorang pemimpin sesungguhnya.

Nah itulah delapan pelajaran leadership yang dapat diterapkan dari permainan game Super Mario Bros. Kira-kira pelajaran leadership apa lagi yang bisa kita dapatkan dari game yang satu ini?

Original Article

Follow Us Here Too :
OVOMusic | Best Music Streamer
OVONews | Games and Entertainment News
OVODrama | Nonton Korea Sub Indo
OVOMovies | Nonton Film Sub Indo
OVOAnime | Nonton Anime Sub Indo

Leave a Reply