Twelve Minutes

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu terjebak dalam sebuah time loop dan mendapati seseorang akan membunuhmu bersama dengan pasanganmu dalam waktu 12 menit? Setelah 12 menit berlalu, kamu akan kembali ke awal dan terus mengulang hal yang sama.

Sejak ditampilkan di PAX East pada tahun 2015 dan konferensi E3 Xbox pada tahun 2019, Twelve Minutes memang sempat mencuri perhatian karena menawarkan gameplay loop dengan story yang unik. Selain itu, Twelve Minutes juga ramai dibicarakan karena sosok dibaliknya, Luís António selaku writer dan Annapurna Interactive selaku publisher.

Luís António sendiri adalah mantan artist dari Rockstar Games dan Ubisoft yang sempat terlibat dalam beberapa pengembangan game seperti What Remains of Edith Finch, PowerUp Heroes, dan Midnight Club: Los Angeles. António keluar dari game studio raksasa tersebut untuk fokus mengembangkan game impiannya secara independen.

Terlebih Annapurna Interactive menyempurnakan rilisnya game ini. Seperti yang kamu tahu, game publisher yang satu ini memang dikenal unik karena game yang dirilisnya tidak pernah memiliki genre yang sama. Lihat saja bagaimana game buatan mereka seperti Sayonara Wild Hearts, What Remains of Edith Finch, The Pathless, Maquette, Kentucky Route Zero, Gorogoa, Donut County, dan Outer Wilds.

Twelve Minutes adalah game interactive thriller yang menceritakan tentang peranmu sebagai seorang suami (suara diperankan oleh James McAvoy) yang baru saja pulang kerja dan menikmati malam yang romantis bersama dengan istrimu (suara diperankan oleh Daisy Ridley). Namun sialnya, malam tersebut berubah menjadi mimpi buruk ketika seorang detektif polisi (suara diperankan oleh Willem Dafoe) masuk ke apartemen, membunuh istrimu dan memukulimu sampai mati.

Tidak lama, kamu akan kembali ke waktu awal saat pulang kerja dan mendapati bahwa dirimu terjebak dalam sebuah time loop. Masalahnya, kamu hanya punya waktu sebanyak 12 menit sebelum detektif polisi tadi kembali membunuh kamu dan istri. Satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menemukan informasi sebanyak-banyaknya dari dialog yang kamu lakukan bersama istrimu.

Game ini dimainkan dalam perspektif top-down dengan gameplay point-and-click di mana kamu dapat mengambil barang, menyimpannya, memadukannya dengan barang lainnya, hingga menggunakannya. Selain itu, perhatikan setiap detail ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, hingga kamar mandi karena masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

Setuju atau tidak, saat pertama kali memainkannya, kamu akan merasa clueless karena tidak ada satu pun petunjuk yang dapat dijadikan patokan. Namun, seiring berjalannya waktu, setiap loop yang kamu jalani akan membuatmu bahwa memang sejatinya, keadaan clueless ini memang penting karena kamu harus menebak sendiri plot ceritanya.

Kamu bisa saja mencoba keluar dari apartemen untuk mencegah pembunuhan atau menceritakan kepada istrimu bahwa kamu mengalami time loop. Semuanya tergantung dari pilihanmu. Semakin banyak mencoba, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan. Tidak jarang kamu akan emosi karena harus mengulangi loop yang sama.

Apa yang sebenarnya disembunyikan oleh istrimu? Lantas siapa detektif polisi tersebut? Bagaimana caranya dalam waktu 12 menit kamu mendapatkan informasi yang cukup untuk menebak loop berikutnya? Hanya kamu yang bisa menjawabnya.

review twelve minutes 1

Menariknya, judul Twelve Minutes yang berarti 12 menit ini diambil dari tes Cooper, sebuah tes kebugaran fisik yang diciptakan oleh Kenneth H. Cooper pada tahun 1968 untuk keperluan militer di Amerika Serikat. Tes yang terdiri dari dua jenis, yaitu lari selama 12 menit dan sejauh 2,4 km untuk melihat sejauh mana fisikmu dapat bertahan.

Konsep yang sama diterapkan oleh António untuk mengetes sejauh mana pemain dapat menyelesaikan misteri yang sebenarnya terjadi. Apakah pemain dapat melakukan dialog sebanyak mungkin untuk mengumpulkan informasi hingga mencoba berbagai kemungkinan aksi untuk mendapatkan reaksi yang berbeda.

Twelve Minutes sangat cocok dimainkan bagi penggemar game dengan genre thriller. Bahkan tidak hanya penggemar game, jika kamu suka dengan film yang memiliki unsur plot misteri tak berujung dengan berbagai kemungkinan, kamu wajib menjajal game yang satu ini. Twelve Minutes dapat kamu mainkan secara gratis jika kamu berlangganan Xbox Game Pass Ultimate.

  • Developer: Luís António
  • Publisher: Annapurna Interactive
  • Writer: Luis Antonio, Steve Lerner, Composer(s) Neil Bones
  • Platform: Microsoft Windows, Xbox One, Xbox Series X/S
  • Release: 19 Agustus 2021
  • Genre: Adventure
  • Mode: Single-player

Original Article

Follow Us Here Too :
OVOMusic | Best Music Streamer
OVONews | Games and Entertainment News
OVODrama | Nonton Korea Sub Indo
OVOMovies | Nonton Film Sub Indo
OVOAnime | Nonton Anime Sub Indo

Leave a Reply