games esport

Esports kini sudah menjadi kegiatan yang dipertandingkan dalam berbagai turnamen. Mulai dari ajang khususnya hingga masuk ke dalam kategori yang dipertandingkan dalam turnamen olahraga Misalnya saat ASIAN Games 2018 dan SEA Games 2019. Meskipun saat ASIAN Games ajang tersebut masihlah sebagai eksibisi, sehingga medali tidak turut dihitung.

Electronic sports sendiri merupakan suatu olahraga yang berfokus pada pemikiran seperti catur, tetapi dilakukan menggunakan media elektronik. Hal yang dipertandingkan merupakan permainan video game. Kebanyakan game sendiri dipertandingkan secara kelompok. Beberapa games yang sering masuk turnamen memiliki kategori MOBA dan FPS.

Games MOBA Yang Kerap Masuk Turnamen Esports

Game pertama adalah Mobile Legend. Games ini dikembangkan oleh Moonton dan rilis pada Bulan Juli 2016. Permainan ini bisa dimainkan dengan ponsel yang memiliki sistem iOS maupun Android. Di Indonesia sendiri pada tahun 2018, pemain aktif Mobile Legend per bulannya mencapai angka 50 juta orang.

Pada tanggal 29 Juni 2019, diakadakan suatu turnamen besar di Asia Tenggara bernama Mobile Legends Bang Bang South East Asia Cup. Lokasi penyelenggaraannya adalah di Smart Araneta Coliseum Manila, Filipina. Pada kejuaraan tersebut, ONIC, tim asal Indonesia menjadi juara dan mengalahkan 9 negara lain dengan 12 tim unggulan.

Selanjutnya adalah game Dota 2. Permainan ini dikembangkan oleh Valve Corporation dan kerap masuk dalam turnamen electronic sports. Salah satu turnamen besar yang menyelenggarakan pertandingan Dota 2 adalah Asia Pacific Predator League. Tahun 2019 lalu, terdapat 8 tim dari Indonesia yang masuk babak final pegelaran tersebut.

AOV atau Arena of Valor dikembangkan oleh MOBA Games Private Limited dan memiliki nama yang awalnya Mobile Arena. Game ini menjadi salah satu yang dipertandingan saat eksibisi Asian Games 2018 di Indonesia. Turnamen AOV bernama Battle of Valvor pernah diselenggarakan pada tahun 2017 oleh komunitas Garena Indonesia.

Games FPS Yang Kerap Masuk Turnamen Electronic Sports

FPS atau first person shooter adalah genre yang umumnya berbentuk video game dengan menggunakan perspektif orang pertama atau pemain ke layar. Seri Counter Strike kerap dimasukan turnamen esports regional hingga internasional. Game ini dikembangkan oleh Valve Coporation dan telah dirilis sejak 12 Juni tahun 1999.

Saat ini, telah memasuki seri 4 berupa Counter Strike: Global Offensive sering disingkat CS:GO. Berlin Major merupakan salah satu turnamen yang pernah menjadikan CS:GO sebagai pertandingannya. Sedangkan di Indonesia, season 4 Counter Strike juga pernah dipilih menjadi game yang masuk dalam Indoesports League.

Overwatch merupakan permainan yang menggabungkan MOBA dan FPS. Game ini dikembangkan oleh Blizzard Entertainment dan rilis pada tahun 2016. Salah saru contoh turnamen overwatch terbesar adalah AWL. OWL sendiri merupakan kepanjangan dari Overwatch League. Namun OWL yang harusnya digelar pada Februari dan maret 2020 dibatalkan karena penyebaran Covid-19.

Berbeda dengan CS:GO yang merupakan multiplayer, game selanjutnya yang bernama Call of Duty merupakan FPS single player. Pengembangnya adalah Developer infinity Ward dan season pertamanya rilis pada 2013. Saat ini sudah terdapat beberapa seri lainnya. Seperti Modern Warfare, World War 2, dan Black Ops 4.

Selain beberapa permainan di atas, terdapat banyak game lain yang sering dimainkan untuk electronic sports. Misalnya Fortnite, PUBG, Point Blank, dan Clash Royal. PES atau Pro Evolution Soccer yang merupakan permainan video game bola juga sering masuk ke dalam turnamen esports regional hingga internasional.

Original Article

Follow Us Here Too :
OVOMusic | Best Music Streamer
OVONews | Games and Entertainment News
OVODrama | Nonton Korea Sub Indo
OVOMovies | Nonton Film Sub Indo
OVOAnime | Nonton Anime Sub Indo

Leave a Reply