Card Games - Spider Solitaire

Spider solitaire adalah sebuah permainan kartu yang dimainkan menggunakan dua dek kartu (di luar variasi lain yang ada). Beberapa variasi umum spider solitaire menggunakan satu, tiga, atau bahkan empat dek, atau hanya menggunakan satu, dua, atau tiga simbol dari tiap dek. Tapi, terlepas dari variasi yang Anda gunakan, aturan dasarnya tetap sama.

Bermain One Suit Spider Solitaire


Gabung dan kocok dua dek kartu.
 Untuk ini, jangan keluarkan kartu apapun (kecuali joker). Cukup lihat sekilas semua kartu dan pura-puralah bahwa semua kartu sama. Jika tidak Anda akan perlu dek tambahan.

Tarik 10 tumpuk kartu dan susun secara horizontal. Tiap kartu pada tiap tumpukan harus tertutup dan tersusun rapi secara vertikal. Empat tumpukan pertama harus terdiri dari lima kartu, dan enam tumpukan sisanya harus terdiri dari empat kartu.

Tarik kartu baru dalam keadaan terbuka dan letakkan di masing-masing tumpukan. Sekarang empat tumpukan pertama harusnya memiliki total enam kartu, dan enam tumpukan sisanya memiliki total lima kartu, masing-masing dengan kartu paling atas dalam keadaan terbuka.


Letakkan sisa deknya di samping dalam keadaan tertutup.
 Tumpukan ini disebut sebagai “stok” dan akan ditarik tiap kali Anda sudah tidak bisa membuat gerakan di kartu yang ada di meja.

Bentuk urutan kartu dari yang paling besar ke kecil dengan melakukan hal berikut:

  • Pindahkan kartu yang terbuka ke kartu yang nilainya lebih tinggi tanpa memperhatikan simbolnya. Misalnya kartu queen dengan simbol apapun bisa diletakkan di atas kartu king dengan simbol apapun, kartu 7 simbol apapun bisa diletakkan di atas kartu 8 dengan simbol apapun, dan seterusnya.
  • Letakkan tiap kartu baru sedikit di bawah dari kartu belakangnya sehingga Anda bisa melihat nilai kartu yang ada di bawahnya.
  • Anda bisa memindahkan kartu yang terbuka paling depan atau paling dekat dengan Anda ke tumpukan lain sesuka hati. Tapi Anda hanya bisa memindahkan beberapa kartu yang terbuka sekaligus jika kartu-kartu tersebut berurutan dari besar ke kecil. Misalnya , K-Q-J-10-9 atau 5-4-3 (dengan simbol apapun) bisa dipindahkan bersama sekaligus.

Balik kartu yang tertutup setelah tidak tertutup kartu lain. Anda tidak bisa membiarkan tumpukan manapun tertutup (dan Anda tentu tidak mau. Setelah Anda mengosongkan semua kartu di satu tumpukan, Anda bisa mengisi tempat tersebut dengan kartu apapun yang terbuka, baik itu satu atau beberapa kartu.

  • Anda tidak bisa menggunakan kartu dari tumpukan stok jika Anda punya tempat kosong yang harus diisi. Cukup ambil satu (atau lebih) kartu dari satu tumpukan lain dan tempatkan di tempat kosong tersebut.

Gunakan kartu dari tumpukan stok ketika Anda sudah tidak bisa bergerak. Ketika Anda sudah tidak bisa membuat gerakan lagi dengan kartu yang ada di meja, gunakan kartu stok. Tarik buka satu kartu dan letakkan ke masing-masing 10 tumpukan di meja, lalu lanjutkan permainan.

  • Ketika Anda sudah tidak punya kartu stok lagi dan Anda sudah tidak bisa melakukan apa-apa, berarti sayang sekali, permainan berakhir. Bermain one suit sebenarnya masih lebih mudah. Bermain two suit atau four suit akan lebih sulit daripada ini.

Jika Anda berhasil menumpuk King ke As berurutan, singkirkan tumpukan tersebut dari permainan. Singkirkan dalam keadaan terbuka. Ketika Anda akhirnya sudah bisa membuat delapan tumpukan berurutan, berarti Anda berhasil menyelesaikan permainannya.

  • Hati-hati jangan sampai mencampur tumpukan yang sudah selesai dengan tumpukan kartu stok Anda.
  • Permainan berhasil jika Anda sudah berhasil membuat delapan tumpukan lengkap berurutan dari King ke As, atau ketika tidak ada lagi gerakan yang memungkinkan.

Leave a Reply